Kamis, 16 April 2020

KI dan KD K13 SD SMP SMA Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Selamat datang kembali pengunjung setia di BLOG MATEMATIKA MGMP SMP KABUPATEN NGAWI, SIMAK ! Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 14 Desember 2018 berikut ini
KI dan KD K13 Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 SURAT EDARAN NOMOR : 5901/D/KR/2019 TENTANG KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENERAPKAN INFORMATIKA SEBAGAI MATA PELAJARAN PADA TAHUN 2019/2020 DOWNLOAD DISINI
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 14 Desember 2018
Pasal I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 971) diubah sebagai berikut: 1. Di antara Pasal 2 dan Pasal 3 disisipkan 1 (satu) Pasalyaitu Pasal 2A sebagai berikut:
Pasal 2A
(1) Muatan informatika pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan/atau dipelajari melalui ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal. (2) Mata Pelajaran Informatika pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dimuat dalam Kompetensi Dasar yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. 2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diubah dengan menambahkan
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMP/MTs pada nomor urut 60
dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMA/MA pada nomor urut 61 sehingga menjadi sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan Menteri ini. Pasal II Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.
Selengkapnya tentang Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 DOWNLOAD DISINI
Selengkapnya tentang LAMPIRAN Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 DOWNLOAD DISINI
Simak gambar sebagai ilustrasi 61 isi dokumen KI dan KD K13 Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 berikut ini :
UNDUH GRATIS ! KI dan KD K13 Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

SILAHKAN KUNJUNGI Artikel Blognya Pak Agung yang berikut ini !
Anda Terbantu dengan artikel berjudul KI dan KD K13 Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 ini ? Silahkan saja share artikel BLOG MATEMATIKA MGMP SMP KABUPATEN NGAWI ini di group anda. Terimakasih atas kunjungannya. Good Luck

Selasa, 14 April 2020

MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA

Selamat datang kembali pengunjung setia di BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI. Pada kesempatan ini BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI akan share tentang MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA. Dan Terimakasih atas kunjungannya
Akhir-akhir ini, istilah HOTS banyak didengungkan oleh para pakar pendidikan dan juga oleh para pembina pendidikan di Indonesia. HOTS ditetapkan sebagai tujuan pendidikan, dan setiap siswa diharapkan memiliki HOTS. Akan tetapi, apakah sebenarnya HOTS tersebut? HOTS adalah suatu istilah yang merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills, yang artinya adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi . Lantas apa saja bentuk kegiatan berpikir yang termasuk dalam kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi tersebut? Berbicara tentang HOTS, tentu tidak terlepas dari taksonomi tujuan pendidikan yang dikenalkan oleh Bloom, Engelhart, Furst, Hill, & Krathwohl (1956). Di dalam taksonomi tersebut, khususnya dalam ranah kognitif, Bloom dkk mengelompokkan tujuan pendidikan secara kognitif ke dalam enam level, yaitu: (a) knowledge, (b) comprehension, (c) application, (d) analysis, (e) synthesis, dan (f) evaluation. Tampak bahwa yang dipandang sebagai tujuan pendidikan saat itu berbentuk kata benda, yaitu produk dari kegiatan kognitif. Saat ini, Anderson & Krathwohl (2001) mengubah taksonomi tujuan pendidikan tersebut menjadi lebih berbentuk kata kerja, yaitu: (a) remembering, (b) understanding, (c) applying, (d) 2 Higher Order Thinking Skills analyzing, (e) evaluating, dan (f) creating, sehingga tujuan pendidikannya lebih bernuansa kegiatan kognitif, bukan produk dari kegiatan kognitif. Yang dikategorikan sebagai HOTS adalah kegiatan analyzing(menganalisis), evaluating(mengevaluasi), dan creating(mencipta). Tiga kegiatan kognitif lainnya, yaitu remembering(mengingat-ingat), understanding(memahami), dan applying(menerapkan) dipandang sebagai LOTS yakni Lower Order Thinking Skills. Selengkapnya unduh saja MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA ini pada link yang sudah kami siapkan berikut ini.
MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA
File MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA bisa diunduh secara gratis MELALUI LINK INI
Terkait File MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA, silahkan kunjungi SOAL HOTS MATEMATIKA_Pembelajaran Berorientasi Pada HOTS
Kunjungi RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS DISINI
Anda Terbantu dengan posting kali ini yang berjudul MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini ? Silahkan saja share MENGEMBANGKAN HOTS (High Order Thinking Skills) MELALUI MATEMATIKA BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini di group anda. Dan bila ingin mengikuti update selanjutnya, maka anda bisa FOLLOW BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini. Terimakasih atas kunjungannya. Good Luck

RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS

Selamat datang kembali pengunjung setia di BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI. Pada kesempatan ini BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI akan share tentang RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS. Dan Terimakasih atas kunjungannya
Yang kami share Buku ini akan lebih banyak berbicara tentang disposisi berpikir kritis yaitu kecenderungan untuk selalu menggunakan pemikiran kritis. Orang yang memiliki disposisi berpikir kritis adalah orang yang ketika melaksanakan suatu tindakan senantiasa didasarkan kepada pemikiran kritis. Sebelum melaksanakan tindakan, dia cenderung memikirkan terlebih dahulu segala sesuatu yang ada kaitannya dengan tindakan yang akan dilakukan. Selengkapnya unduh dan simak saja buku ini pada link yang sudah kami siapkan berikut ini.
RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS
RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS bisa diunduh secara gratis MELALUI LINK INI
Terkait File RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS, silahkan kunjungi SOAL HOTS MATEMATIKA_Pembelajaran Berorientasi Pada HOTS
Kunjungi SOAL HOTS MATEMATIKA_Pembelajaran Berorientasi Pada HOTS DISINI
Anda Terbantu dengan posting kali ini yang berjudul RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS pada BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini ? Silahkan saja share RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini di group anda. Dan bila ingin mengikuti update selanjutnya, maka anda bisa FOLLOW BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI ini. Terimakasih atas kunjungannya. Good Luck

Minggu, 15 Desember 2019

POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR

Selamat datang kembali pengunjung setia di Blognya Pak Agung kembali, Yang berikut ini Blog MGMP Matematika SMP Kab. Ngawi akan share tentang POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR https://agungagmi.blogspot.com/2019/06/ki-dan-kd-k13-sd-smp-sma-lampiran.html
Sumber Laman: www.kemdikbud.go.id
POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR UNDUH DISINI
File tentang POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR bisa juga diunduh secara gratis melalui link yang sudah Blognya Pak Agung sedikanan berikut ini
POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR
UNDUH DISINI
Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
UNDUH DISINI
Unduh juga file terkait POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR melalui link yang sudah tersedia berikut ini
Permendikbud No 43 Tahun 2019 tentang PENYELENGGARAAN UJIAN YANG DISELENGGARAKAN SATUAN PENDIDIKAN DAN UJIAN NASIONAL DOWNLOAD DISINI
Permendikbud No 44 Tahun 2019 Tentang PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TAMAN KANAK-KANAK, SEKOLAH DASAR, SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, SEKOLAH MENENGAH ATAS, DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DOWNLOAD DISINI
Anda Terbantu artikel yang berjudul POKOK-POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR ini? Silahkan saja share artikel ini. Terimakasih

Kamis, 28 November 2019

MGMP MATEMATIKA KABUPATEN NGAWI Menggelar Workshop Menggalakkan Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik

BERIKUT INI BEBERAPA DOKUMEN BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI -Workshop Menggalakkan Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik yang diselenggarakan pada hari kamis tanggal 28 Nopember 2019 bertempat di SMPN 1 Ngawi
Pada kegiatan Workshop Menggalakkan Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik yang diselenggarakan pada hari kamis tanggal 28 Nopember 2019 bertempat di SMPN 1 Ngawi mempunyai program kerja sebagai berikut : Program MGMP Matematika, Jadwal Pert 1. 28 Nop 2019, IN 1 Pert 2. 1 Des 2019, ON1 Pert 3. 5 Des 2019, ON 2 Pert 4. 16 Des 2019, IN 2 Struktur Program.. A. UMUM 1. Kebijakan Dinas Pendidikan, 2 JP 2. Inovasi Pembelajaran, 4 JP 3. Penilaian HOTS berbasis TI, 4 JP B. KHUSUS 4. CBT, 10 JP 5. Bikin blog, Blog-Spot , 10JP 6.Refleksi, 2 JP
Kunjungi salah satu kegiatan pembuatan blog melalui link DISINI
BERIKUT INI BEBERAPA DOKUMEN BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI -Workshop Menggalakkan Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik yang diselenggarakan pada hari kamis tanggal 28 Nopember 2019 bertempat di SMPN 1 Ngawi SILAHKAN KUNJUNGI yang berikut ini !
Hasil Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik juga berupa TUTORIAL berjudul MATERI SEGITIGA DAN CONTOH SOAL bisa disimak disini

Materi Dan Soal UN MATEMATIKA SMP UNDUH DISINI
Demikian yang dapat BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI bagikan mengenai Workshop Menggalakkan Literasi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik ini? Silahkan saja share artikel ini. Dan terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Sabtu, 16 November 2019

PROGRAM Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Selamat datang kembali pengunjung setia di BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI kembali, Yang berikut ini BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI akan share tentang PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) https://agungagmi.blogspot.com/2019/06/ki-dan-kd-k13-sd-smp-sma-lampiran.html
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Merupakan Bagian Dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik.
Selengkapnya file tentang PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) bisa diunduh secara gratis melalui link yang sudah BLOG MGMP MATEMATIKA NGAWI sedikanan berikut ini
Paket Unit PEMBELAJARAN Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _MATEMATIKA SMP
UNDUH DISINI
Buku Pedoman PKP 2018
UNDUH DISINI
Buku Juknis PKP 2018
UNDUH DISINI
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi
UNDUH DISINI
Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti PKP
UNDUH DISINI
Program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi_Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada ketrampilan berfikir tingkat tinggi
UNDUH DISINI
Program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi_BUKU MANUAL KELAS PENDAMPINGAN ONLINE PKP Bagi Guru Sasaran
UNDUH DISINI
Program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi_BUKU MANUAL KELAS PENDAMPINGAN ONLINE PKP Bagi Guru Inti
UNDUH DISINI
Pedoman Program PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN Berbasis Zonasi
UNDUH DISINI
Petunjuk Teknis Program PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN Berbasis Zonasi
UNDUH DISINI
Paket Unit PEMBELAJARAN Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
UNDUH DISINI
Paket Unit PENILAIAN Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _MATEMATIKA SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _INFORMATIKA SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _IPA SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _BAHASA INDONESIA SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _BAHASA INGGRIS SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _IPS SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _PJOK SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _PPKN SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _BIMBINGAN KONSELING SMP
UNDUH DISINI
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi _SENI BUDAYA SMP
UNDUH DISINI
Anda Terbantu artikel yang berjudul PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) ini? Silahkan saja share artikel ini. Terimakasih

Sabtu, 02 November 2019

Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran di sekolah, istilah “kompetensi” menjadi hal yang mutlak dipahami oleh para pendidik. Tanpa memahami makna kompetensi, para pendidik akan kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran. Kompetensi adalah perilaku yang didasarkan atas pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai sebagai hasil proses pembelajaran. Ketika belajar di sekolah, peserta didik harus menguasai kompetensi yang disyaratkan. Akan tetapi, tercapainya kompetensi tertentu kerapkali tidak mudah diketahui. Terlebih kompetensi yang menyangkut pemahaman. Harus ada semacam penanda atas tercapainya kompetensi tertentu pada peserta didik. Manakala kita mengharapkan peserta didik memahami sebuah konsep, maka peserta didik tersebut harus dapat menyebutkan istilah pada konsep tersebut, atau dapat menjelaskan hal-hal terkait konsep tersebut. Jika dia bisa menyebutkan istilah terkait konsep itu dengan benar dan dapat menjelaskan konsep tersebut dengan benar pula, maka dapat diyakini bahwa peserta didik tersebut memahami konsep tersebut. Apa yang menjadi penanda --atau populer dengan istilah indikator--atas tercapainya sebuah kompetensi ?
Selengkapnya file Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran UNDUH DISINI
Anda Terbantu dengan artikel berjudul MATERI DAN SOAL UJIAN NASIONAL_MATEMATIKA SMP ini ? Silahkan saja share artikel Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran ini di group anda. Terimakasih atas kunjungannya. Good Luck

BIMBINGAN TEKNIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN NGAWI TAHUN 2023

Selamat datang kembali pengunjung setia di Blog kami BLOG MGMP MATEMATIKA Kabupaten Ngawi BERSAMA BELAJAR BERBAGI DAN SALING MENGHEBATK...